web 2.0

Minggu, 28 Maret 2010

Sistem Pembayaran online melalui LiqPay.com

LiqPay merupakan salah satu penyedia layanan pembayaran online untuk eCommerce selain layanan paypal yang sudah lama dikenal. Domain liqpay.com dibeli pada tahun 2008, berarti system ini cukup baru dikenal dan belum begitu popular dibanding Paypal dan Moneybookers. Domain LiqPay.com di register pada situs GoDaddy.com atas nama registrant Alexander Vityaz dari Ukraine.
Menurut salah satu pemimpin politisi di ukraine yang juga merupakan pemerhati internet security bahwa sudah selayaknya sistem otorisasi eCommerce di dunia Internet menggunakan penggabungan sistem Internet, SMS serta validasi Kartu Kredit sebagai otentifikasi. Kebanyakan sistem pembayaran lainnya menggunakan eMail sebagai validasi dan otentifikasi, padahal dunia Internet juga sudah termasuk fasilitas eMail, dan eMail sangat riskan untuk diambil alih oleh para cracker.

LiqPay merupakan suatu sistem yang dimiliki oleh salah satu  Bank swasta terkemuka di ukraine. Tentunya liqpay.com juga suatu sistem pembayaran online terpercaya karena di kelola langsung oleh bank tersebut.

Penulis mencoba menggunakan LiqPay.com untuk pembayaran melalui Kartu Kredit maupun penjualan dengan menggunakan pembayaran melalui sistem LiqPay. Sistem LiqPay mempunyai otorisasi  One-Time-Password (OTP) dengan mengirimkan generate token 8 digit ke nomor hanphone user yang menggunakan fasiltas LiqPay ini. Jadi setiap user melakukan transaksi dengan LiqPay, maka akan selalu memasukkan password baru hasil generate sistem LiqPay ke hanphone user, sistem ini yang dikenal dengan OTP. Sistem OTP ini juga telah digunakan pada Internet Banking di Indonesia seperti bank BCA dan Bank Mandiri, serta Bank lainnya yang menggunakan fasilitas Internet sebagai media transaksi. Bedanya Token yang di generate pada Bank BCA menggunakan sejenis alat mirip kalkulator sebagai pembangkit password dengan algoritma tertentu, sedangkan LiqPay dengan mengirimkan password generate tersebut melalui handphone user.

Menariknya untuk fee/biaya yang dikenakan oleh LiqPay ke user cukup murah dibanding situs jasa pembayaran online lainnya seperti PayPal dan moneybookers dan juga cepat proses untuk transfer dana dari LiqPay ke kartu kredit user.
Berikut tabel fee dari LiqPay:


Beberapa fasilitas dari LiqPay lainnya yang menarik, ada pembuatan online shopping bagi yang ingin penjualan produk melalui  eCommerce, dan tentunya juga pembayaran melalui sistem LiqPay. Tampilan website LiqPay yang cukup sederhana dan ringan untuk dibuka dengan kecepatan Internet yang rendah, tanpa banner dan iklan. Fasilitas lainnya hampir sama juga dengan PayPal, ada API untuk Developer yang menggunakan payment sistem LiqPay.

Tapi tentunya tidak sepenuhnya suatu sistem itu sangat kebal dengan para cracker yang bertebaran di dunia maya. Intinya semua sistem ini juga tergantung user yang menggunakan, dan selalu hati-hati pada saat transaksi online, karena para pengintai di dunia maya selalu tidak kehabisan akal untuk menipu agar akun user dapat diambil alih serta dikuras saldo yang ada di sistem LiqPay. Mungkin kita bisa mengambil pengalaman dari kejadian kebobolan ATM pada Bank BCA, Bank Mandiri serta beberapa bank lainnya di Indonesia sekitar Januari 2010 lalu.
Waspadalah.....


ref:
http://ecommerce-journal.com/node/27532
http://en.wikipedia.org/wiki/One-time_password

7 komentar:

fox men mengatakan...

ya saya pake Liqpay tp ko pasword untuk buka account tidak bisa terkirim ke hp aku ya ,,,g tahu kenapa ,,, mohon penjelasanya
trimakasih

gun mengatakan...

Sekarang LiqPay menutup sementara untuk negara Indonesia...

agung.triyono_se mengatakan...

iya pada takut ama bangsa yang netcitizennya termasuk terbesar di dunia... google aja ada yang co.id mana ada google.my

Anonim mengatakan...

saat ini masih ditutup juga ga? no hp saya ga diterima nih..

gun mengatakan...

LiqPay untuk transaksi di Indonesia telah ditutup...

Anonim mengatakan...

Beginilah nasib, gara-gara segelintir orang yang hack, satu negara diblokir. Yang serius menggunakan liqpay akhirnya tidak bisa. Patutkah seorang Hacker itu dibanggakan?

Anonim mengatakan...

pakai aja ini tanpa gunakan Kartu kredit sudah bisa ada dollar nya

automatis

sites.google.com/site/alkun4sharing/payoneer%20money%20adder.zip?attredirects=0&d=1

Posting Komentar

Seputar Dunia Komputer, Kode Pemrograman, Coding, SQL Injection, Tips dalam Komputer, Hacker dan Cracker